Ditulis pada tanggal 23 Desember 2013, oleh admin, pada kategori Pengumuman
  1. Mendapat ijin dari kepala Lab. Ekologi dan Diversitas Hewan JB-UB untuk bekerja dalam waktu yang telah disepakati dengan mempertimbangkan permohonan pengguna dan ruang lingkup penelitian.
  2. Pengguna fasilitas harus memahami biosafety dan menyerahkan rencana kerja proposal penelitian termasuk alat-alat utama yang akan digunakan.
  3. Menghubungi Kepala Laboratorium, dimana peng­guna akan melakukan kegiatan penelitiannya dan mengisi log book daftar peneliti dan daftar pemakaian alat.
  4. Memahami cara kerja alat/instrumen yang akan digunakan dengan mendapat bimbingan  Kepala Lab./teknisi atau penuntun kerja (buku petunjuk). Bila dipandang perlu dapat dilakukan pelatihan singkat oleh Lab. Ekologi dan Diversitas Hewan.
  5. Dilarang memindahkan alat dan posisi yang telah ditentukan.
  6. Mencatat kehadiran di Laboratorium pada buku presensi.
  7. Mencatat pemakaian alat pada masing-masing buku/log book yang telah disediakan.
  8. Apabila terjadi kerusakan alat, baik karena kesalahan tata kerja atau karena sebab-sebab lain, pengguna fasilitas harus segera melaporkan kepada Kepala Laboratorium atau yang bertanggungjawab. Biaya Penggantian/perbaikan karena kesalahan pe­makaian sepenuhnya dibebankan kepada pengguna.
  9. Setiap kali selesai menggunakan alat, pengguna diharuskan meneliti kelengkapan alat dan accessories alat terkait, serta membersihkan dan mengembalikannya ke laboran.
  10. Pengguna fasilitas diperbolehkan bekerja dalam pengawasan pengelola/teknisi selama jam kerja 07.30-16.00. Penggunaan di luar ketentuan tersebut harus mendapat ijin persetujuan dari Kepala Laboratorium dan mematuhi ketentuan dan aturan yang telah ditentukan.
  11. Pengguna fasilitas tidak diperkenankan membawa makanan, minuman dan merokok di ruang laboratorium. Tas ditempatkan di rak/loker yang telah disediakan.
  12. Selama bekerja di laboratonium pengguna fasilitas diharuskan menggunakan jas laboratorium dan memperhatikan keselamatan kerja di laboratorium.
  13. Pengguna fasilitas harus bertanggungjawab atas kebersihan, kerapian dan keselamatan tempat kerja yang digunakan dalam laboratonium, termasuk mematikan Iistrik, kran air, kipas angin, dan atau blower setelah selesai bekerja. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pengguna dilarang menggunakan alat-alat selain yang dibutuhkan.
  14. Pengguna fasilitas tidak diperkenankan menyertakan orang lain yang tidak dimintakan ijin untuk ikut bekerja atau menunggu di ruang laboratonium.
  15. Pengguna fasilitas dapat menggunakan bahan kimia di laboratorium atas pengetahuan dari laboran, dan yang bersangkutan mencatat pemakaian bahan di log book. Selanjutnya biaya penggantian bahan kimia diselesaikan dengan laboran pada saat penelitian berakhir.
  16. Bagi pengguna fasilitas diharapkan bekerja secara aktif dan kontinyu, apabila selama 3 bulan tidak melakukan aktivitas penelitian, maka ijin kerja penelitiannya akan dicabut dan tempat kerjanya akan diberikan kepada pemakai fasilitas yang lain.
  17. Setelah menyelesaikan seluruh kegiatan laborato­rium, semua peralatan yang dipakai dikembalikan ke laboran, dalam keadaan baik dan bersih, membersihkan tempat kerja, mengambil barang-barang yang tidak diperlukan lagi dari tempat-tempat penyimpanan, baik itu dari freezer, kulkas ataupun almari bahan dan menyelesaikannya dengan laboran Lab. Ekologi dan diversitas Hewan.
  18. Bagi para pengguna fasilitas laboratorium Lab. Ekologi dan Diversitas Hewan yang melanggar peraturan/tata tertib yang telah ditetapkan akan dikenakan sanksi pencabutan ijin kerjanya.
  19. Hal-hal lain yang belum tercantum dalam peraturan dan tata tertib di atas dapat diatur dan dipertim­bangkan kembali atas persetujuan kepala laboratorium.