Department of Biology

Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Visi, Misi dan Tujuan

10 - 01 - 2015 admin

VISI, MISI DAN TUJUAN JURUSAN BIOLOGI

Visi, misi dan tujuan yang dikembangkan Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Brawijaya (JB-UB) bermula dari suatu keprihatinan, kesadaran dan harapan akan megadiversitas sumber daya alam tropika Indonesia. Potensi biodiversitas sangat besar namun belum sepenuhnya dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat manusia. Selain itu, perubahan biosfer dan intervensi manusia telah menyebabkan laju kepunahan spesies semakin cepat. Oleh karena itu, tantangan besar untuk biologist di masa depan adalah melestarikan biodiversitas dan lingkungannya untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Mengacu pada visi Universitas Brawijaya: ”menjadi universitas unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat” dan visi Fakultas MIPA: “menjadi institusi teladan dalam menyelenggarakan pendidikan sains dan matematika dengan standar internasional dan mendukung ilmu-ilmu terapan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia” serta kecenderungan global maka visi JB-UB adalah “menjadi jurusan teladan dalam menyelenggarakan pendidikan biologi sesuai dengan standar internasional terbaik, tempat melakukan penelitian untuk mengembangkan konsep biologi modern, dan memiliki kesadaran tinggi untuk melestarikan biodiversitas, serta mampu mendukung perkembangan ilmu-ilmu terapan untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan manusia”.

Sesuai dengan visi tersebut diatas, maka misi JB-UB adalah melayani masyarakat Jawa Timur, warga negara Indonesia dan umat manusia melalui program-program terbaik untuk:

  1. Mendidik mahasiswa menjadi sarjana, magister dan doktor yang memiliki pemahaman  menyeluruh mengenai konsep biologi modern (konsep paling mutakhir yang berlaku pada saat ini) dan biokonservasi. Sarjana biologi tersebut harus memiliki profil/prestasi akademik yang baik, menjunjung tinggi etika dengan menghargai hak hidup semua bentuk kehidupan dan mampu bekerja sama di lingkungannya.
  2. Memainkan peran penting sebagai institusi pelopor pendidikan dan penelitian biologi, yang mampu menggali dan menemukan pengetahuan baru, serta berpartisipasi aktif dalam mengembangkan ide dan konsep tersebut untuk mendukung perkembangan ilmu-ilmu hayati terapan (antara lain pertanian, peternakan, perikanan, kedokteran umum, kedokteran hewan dan kedokteran gigi). Melayani program pendidikan dan keahlian biologi sepanjang hayat kepada masyarakat profesional maupun awam. Lulusan JB-UB diharapkan dapat mengamalkan ilmunya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pelestarian lingkungan selama hidupnya.
  3. Bertindak sebagai pelopor (memiliki kepekaan tinggi dan cepat bertindak) dalam membantu memecahkan permasalahan biologi umat manusia.

Berdasarkan visi dan misi tersebut, tujuan JB-UB adalah:

  1. Menghasilkan sarjana, magister dan doktor yang berkompeten, memiliki prestasi akademik yang tinggi, dan memiliki ketrampilan komunikasi untuk bersaing di pasar kerja baik dalam negeri maupun luar negeri.
  2. Menciptakan suasana akademis yang kondusif untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas.
  3. Menyempurnakan organisasi, sistem manajemen dan efisiensi internal sesuai Standar Mutu UB dan Standar Mutu Jurusan UB yang telah dituangkan dalam Manual Mutu (MM), Manual Prosedur (MP) dan Instruksi Kerja (IK).
  4. Menjamin keberlanjutan layanan pendidikan, laboratorium, penelitian dan publikasi berskala nasional dan internasional, serta pengabdian kepada masyarakat.
  5. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas fasilitas yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas PBM serta untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  6. Meningkatkan kompetensi dan kepuasan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan inovasi baru dalam bidang biologi untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan manusia.