Daftar beasiswa untuk memperoleh dukungan pembiayaan dalam menempuh program S3 Biologi disediakan oleh pemerintah. Sumber-sumber utama antara lain adalah:

Selain itu, beasiswa lainnya yang tersedia antara lain :

Beasiswa Unggulan

Biasa dikenal dengan BU, merupakan program beasiswa Kementerian Pendidikan & Kebudayaan (Kemdikbud) yang bertujuan menggaet para calon dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan perguruan tinggi (PTN/PTS) untuk melanjutkan pendidikannya baik S2 maupun S3 di dalam dan luar negeri. Biasanya, BU mulai ditawarkan awal Maret hingga April.

Beasiswa Sampoerna

Tawaran beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa asal Papua. Beasiswa Sampoerna mengkhususkan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi dan berjiwa kepemimpinan. Beasiswa dibuka sekitar awal Juni.

Beasiswa On Going

Tawaran beasiswa on going disediakan oleh Dikti untuk para dosen tetap PTN maupun PTS yang sedang menempuh pendidikannya di luar negeri. Biasanya, beasiswa ini ditawarkan sekitar awal Juli.

Beasiswa Kemenag

Kementerian Agama juga memiliki penawaran beasiswa sendiri yang ditujukan bagi para dosen dan tenaga kependidikan PTAIN/PTAIS. Beasiswa ini hanya bisa diambil untuk studi di luar negeri mulai jenjang S2 hingga S3. Jika tidak berubah, pengumuman beasiswa Kemenag akan disampaikan Mei.

Beasiswa Kaltim

Beasiswa Kaltim hanya ditujukan bagi mahasiswa asal Kalimantan Timur (Kaltim), baik yang kuliah di Kaltim maupun di luar Kaltim. Beasiswa ini menyediakan alokasi mulai dari jenjang D3, S1, S2, hingga S3. Pendaftaran dimulai sekitar April hingga Juni.

Beasiswa Kukar

Serupa dengan Beasiswa Kaltim, beasiswa Kukar merupakan beasiswa lokal yang hanya ditujukan bagi mahasiswa asal Kutai Kartanegara. Sekup beasiswa ini lebih luas, mulai dari D1, D2, dan D3 hingga S1, S2, dan S3. Pendaftaran beasiswa disediakan mulai Oktober hingga November.

Beasiswa Fast Track

Salah satu beasiswa program fast track disediakan Kemdikbud. Beasiswa ini dibuka Januari hingga 31 Desember. Salah satu penawarannya di sini.