Department of Biology

Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Jurnal Biotropika Jalin Kerjasama dengan Jurnal Biodjati

04-Apr-2019 admin Headline

Pada hari Selasa (3/4/19)  Jurnal Biotropika : Journal of Tropical Biology, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Brawijaya (UB), Malang menjalin kerjasama dengan Jurnal Biodjati UIN Sunan Gunung Djati, Bandung (yang telah terakreditasi SINTA 2) dengan mengadakan workshop pengelolaan dan pendampingan akreditasi jurnal ilmiah, yang bertempat di ruang MC1.3 FMIPA Universitas Brawijaya. Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui program Insentif Akreditasi Jurnal Nasional tahun 2019. Kegiatan dengan tema “Sinergi keilmuan dalam pengelolaan jurnal ilmiah nasional terakreditasi” diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman pengelolaan dan akreditasi jurnal ilmiah guna mendukung program pemerintah dalam meningkatkan jumlah jurnal ilmiah nasional terakreditasi. Selain itu, diharapkan pula mampu memberikan energi positif bagi tim jurnal Biotropika dalam mempersiapkan diri mengajukan akreditasi SINTA.

Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan dari Editor in Chief Jurnal Biotropika sekaligus Sekretaris Jurusan Biologi FMIPA UB, Yoga Dwi Jatmiko,S.Si.,M.App.Sc.,PhD yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim jurnal Biodjati dan menekankan pentingnya kegiatan ini bagi tim jurnal Biotropika yang baru diberikan amanah dalam pengeloaan jurnal ilmiah. Beliau juga menyampaikan harapan agar ke depan silaturahmi dan bentuk kerjasama lain dapat diperkuat oleh kedua pihak. Serupa dengan apa yang disampaikan oleh Yoga, dalam sambutannya, Dr. Tri Cahyanto,M.Si selaku Editor in Chief jurnal Biodjati merangkap sebagai Ketua Jurusan Biologi, UIN Sunan Gunung Djati juga menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga atas undangan dari tim Biotropika dan berharap juga ke depan bisa menjalin silaturahmi dan kerjasama lebih erat lagi. Menurut Tri, dalam pengelolaan jurnal ilmiah harus didukung dan dikuatkan oleh Ketua Jurusan serta melakukan berbagai inovasi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan teknis pengelolaan jurnal ilmiah.

Acara workshop dikemas dalam bentuk pematerian, diskusi dan praktek langsung penilaian evaluasi diri jurnal. Hadir di acara sebagai pemateri yaitu Dr. Tri Cahyanto,M.Si yang menyampaikan materi dengan tema “Strategi peningkatan kualitas jurnal ilmiah nasional” serta Rizal Maulana Hasby,M.Si memberikan materi mengenai “Manajemen dan tata kelola jurnal ilmiah berbasis OJS serta pengajuan akreditasi jurnal ilmiah nasional SINTA”. Semua rangkaian acara berlangsung dalam kehangatan dan diskusi interaktif. Di akhir acara dikuatkan dengan komitmen masing-masing untuk saling membantu memberikan manfaat satu sama lain dan pada kesempatan ini pula tim Jurnal Biotropika memberikan cinderamata khas kepada tim jurnal Biodjati.