Department of Biology

Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Rangkaian Aktivitas Working Group Tadicobio di Palangka Raya dan Banjarmasin, Kalimantan.

25-Jun-2019 admin Headline

Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang selalu rutin dilaksanakan oleh dosen-dosen Jurusan Biologi FMIPA-UB selain pendidikan adalah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PkM). Untuk tahun 2019 ini, working group Tadicobio yaitu salah satu WG yang ada di Jurusan Biologi mengadakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan pendanaan dari DPP/SPP dan bertempat di propinsi Kalimantan Tengah (Palangka Raya). Penelitian tersebut dilaksanakan di 3 lokasi yang berbeda yaitu dekat Danau Tahai, sekitar Borneo tempat rehabilitasi orang utan dan terakhir di dekat Taman Nasional Sebangau. Penelitian dengan obyek Arthropoda merupakan penelitian berkelanjutan dengan metode menggunakan flynet dan visual encounter sehingga dapat langsung diidentifikasi di tempat tanpa membawa organismenya keluar dari habitatnya.

Pengabdian kepada masyarakat kali ini dilaksanakan di Aula SMAN3 Palangka Raya berkat kerjasama yang terjalin antara Ketua MGMP Biologi Kota Palangka Raya. Selain kegiatan riset dan PkM, WG Tadicobio berhasil menginisiasi beberapa kerjasama dengan instansi lain yaitu Universitas Palangka Raya pada Fakultas MIPA dan FKIP, kerjasama dengan Pemerintahan Propinsi Kalimantan Tengah, kerjasama dengan Balai Karantina Pertanian Kalimantan Tengah serta Dinas Kehutanan Propinsi Kalteng. Dampak positif kerjasama tersebut diharapkan akan mendongkrak pemeringkatan UB di tingkat Nasional. Target utama kerjasama dalam negeri ini selain untuk meningkatkan klasterisasi Perguruan Tinggi juga menyukseskan kegiatan Enrichment program sedang dirancang oleh PS S1 Biologi Jurusan Biologi FMIPA – UB. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan graduate employee untuk mahasiswa JBUB. Alhamdulillah, beberapa MoU dan Perjanjian Kerjasama antara UB/FMIPA-UB terwujud. Nota Kesepahaman (MoU) antara UB dengan Universitas Palangka Raya disetujui, antara UB dengan Provinsi Kalimantan Tengah juga dalam proses revisi.

Sementara perjanjian kerjasama antara FMIPA dengan Balai Karantina Pertanian Palangkaraya langsung ditandatangani, sedangkan Perjanjian Kerjasama antara FMIPA dengan Dinas Kehutanan juga sedang dicermati oleh pihak pimpinan Dinas Kehutanan. Ternyata tidak hanya  di Palangkaraya saja, kerjasama terjalin untuk keperluan enrichment program melainkan juga dengan Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan. Semoga dengan terjalinnya

banyak instansi maka semakin memudahkan mahasiswa JBUB di dalam menyalurkan bakat dan minatnya dalam kegiatan Enrichment program nantinya.