Department of Biology

Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Wujudkan Tri Dharma, Dosen JB-UB Adakan Pelatihan Bioteknologi Bagi Siswa & Guru SMPN 1 Kasembon

11-Jul-2019 admin Headline

Perkembangan dan kemajuan teknologi tak terbendung lagi di masa kini. Hampir setiap manusia menggunakan produk hasil penerapan teknologi. Salah satu teknologi yang tak terlepas dari kehidupan manusia adalah bioteknologi. Banyak produk hasil bioteknologi yang sudah dirasakan manfaatnya oleh umat manusia. Sesungguhnya bioteknologi sudah berkembang sejak zaman dahulu namun bioteknologi kini semakin maju dan mengarah pada aras molekuler yang membutuhkan pemahaman keilmuan lebih dan keahlian teknis dalam menerapkan bioteknologi meskipun prinsip-prinsip dasar bioteknologi tetap tak dilupakan.

Oleh karena itu, dalam rangka membekali generasi penerus sejak dini tentang keilmuan bioteknologi sekaligus memperkokoh pondasi keilmuan serta mewujudkan tri dharma perguruan tinggi maka dosen JB-UB mengadakan kegiatan berupa pelatihan bioteknologi bagi siswa dan guru SMPN 1 Kasembon, Kabupaten Malang.

Kegiatan pelatihan diadakan pada hari kamis, 11 Juli 2019, bertempat di Laboratorium Fisiologi, Kultur Jaringan dan Mikroteknik Tumbuhan (FKM) Jurusan Biologi FMIPA Universitas Brawijaya yang dihadiri oleh 55 siswa/i dan 9 guru pendamping sebagai peserta pelatihan. Acara pelatihan berlangsung mulai jam 09.00 WIB sampai jam 14.00 WIB meliputi pelatihan teknik Kultur Jaringan Tumbuhan (KJT), Mikroteknik dan Pembuatan Nata de Coco. Pelatihan KJT diberikan oleh Dr. Wahyu Widoretno, M.S dan pelatihan Mikroteknik disampaikan oleh Dr. Nunung Harijati,M.S sedangkan pelatihan pembuatan Nata de Coco diberikan oleh Tri Ardyati, M.Agr.,PhD. Mereka merupakan pakar dibidang masing-masing sehingga mampu menularkan keilmuan ke para peserta. Semua jenis pelatihan disampaikan dalam bentuk pematerian disertai dengan praktkum singkat.

Salah satu guru di SMPN 1 Kasembon, Lely, merupakan alumni JB-UB juga menjadi peserta pelatihan ini. Baginya kegiatan ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi dengan dosen JB-UB dan laboran yang membantunya tumbuh berkembang selama menempuh studi di JB-UB. (eshaf).