Department of Biology

Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Teliti Peran Komunitas Arthropoda dalam Pengelolaan Agroekosistem, Dosen JBUB Dikukuhkan Sebagai Professor ke-20 FMIPA

14-Nov-2019 admin Headline


Jurusan Biologi UB (JBUB) baru saja mendapatkan kebahagiaan sekaligus prestasi yang membanggakan setelah staf pendidiknya, Amin Setyo Leksono, S.Si.,M.Si.,Ph.D dikukuhkan sebagai Professor di bidang Ilmu Entomologi dan Ekologi pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) di Gedung Widyaloka UB, Malang (Rabu, 13/11/2019). Ia mendapatkan keberuntungan sebagai professor ke-20 di FMIPA sekaligus ke- 251 di UB. Dengan pengukuhan tersebut, kini JBUB memiliki tujuh professor sehingga menjadikannya sebagai Jurusan Biologi dengan jumlah professor terbanyak diantara jurusan biologi se- Indonesia. Bertambahnya guru besar menunjukkan semakin menguatnya eksistensi JBUB di bidang keilmuan dan pelayanan.

Dalam pidato ilmiah pengukuhan guru besar, sosok yang terkenal calm dan sederhana tersebut menyampaikan mengenai “Peran Komunitas Arthropoda dalam Pengelolaan Agroekosistem dengan Pemberdayaan Lokal”. Arthropoda merupakan hewan dengan jumlah dan diversitas terbanyak sehingga memiliki peran penting dalam agroekosistem. Prof. Amin Setyo Leksono melakukan peningkatan peran komunitas arthropoda sebagai musuh alami hama sekaligus sebagai bioindikator kualitas lingkungan dan sebagai penyerbuk melalui kombinasi dua cara dengan memanfaatkan potensi lokal. Cara yang ditempuhnya yaitu dengan melakukan rekayasa habitat melalui penanaman berbagai jenis tumbuhan refugia seperti kenikir, bawangan, marigold maupun tanaman budidaya yang ditanam di tepi kebun atau pematang sawah. Cara tersbut dikombinasikan dengan cara melakukan inovasi melalui penggunaan pupuk cair sebagai biopestisida dari bahan lokal seperti buah maja, gadung, air kelapa, gula, terasi dan empon-empon yang dicampur air. Kombinasi dua cara ini rupanya berhasil meningkatkan kelimpahan dan diversitas arthropoda sebagai musuh alami hama dan meningkatkan kualitas tanah sebagai media budidaya.

“Saya bersyukur dengan jabatan ini, semoga bisa semakin menambah kebermanfaatan diri. Saya juga berharap penelitian mengenai peranan arthropoda pada agroekosistem semakin gencar terutama pada tingkatan populasi. Pengembangan pupuk cair biopestisida masih terus berlanjut dengan memanfaatkan potensi lokal untuk berbagai jenis tanaman budidaya dengan berbagai kondisi lahan”, ujarnya.

Selamat berkarya Prof. Amin Setyo Leksono, S.Si.,M.Si., PhD dan semoga semakin bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa. Tak lupa, dalam waktu dekat ini JBUB akan menambah satu Professor sehingga jumlah professor di JBUB menjadi delapan. (Eshaf)