Department of Biology

Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Jurnal BIOTROPIKA Berhasil Raih Akreditasi Peringkat SINTA 3

27-Nov-2019 admin Headline

Jurnal Biotropika : Journal of Tropical Biology yang dikelola oleh Jurusan Biologi FMIPA Universitas Brawijaya berhasil meraih akreditasi peringkat SINTA 3 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor B/3693/E5/E5.2.1/2019 Tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode VI Tahun 2019.

Prestasi ini sangat membanggakan karena jurnal yang beralamat di  https://biotropika.ub.ac.id/ ini baru pertama kali mengajukan akreditasi jurnal SINTA dan berhasil mendapat predikat SINTA 3.

Alhamdulillah, untuk pertama kali nya kita mengajukan akreditasi SINTA pada tahun ini dan langsung mendapatkan peringkat 3. Capaian ini merupakan awal yang bagus untuk melangkah lebih baik lagi ke depan. Terimakasih untuk kerja keras tim dan kepercayaan semua author yang telah mengirimkan artikel penelitian selama ini”, ujar Yoga Dwi Jatmiko, editor in chief jurnal Biotropika

Jurnal Biotropika merupakan jurnal ilmiah terbuka yang terbiat 3 kali setahun pada bulan April, Agustus dan Desember dan menerima jenis artikel penelitian, short communications, dan artikel review dari disiplin ilmu Biologi dari wilayah tropis meliputi botani, zoologi, biosistematika, genetika molekuler, bioteknologi, biodiversitas, mikrobiologi, ekologi dan ilmu lingkungan yang ditelaah oleh mitra bestari. Sebelum mendapatkan akreditasi SINTA 3, Jurnal Biotropika telah terindeks oleh CABI, Google Scholar, GARUDA, Open Access, Crossref, Indonesia ONE Search dan Scientific Indexing Service.

“Setiap saat kita selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas managemen dan kualitas substansi artikel. Pembaruan yang bersifat aktualisasi ide-ide kreatif dari tim untuk meningkatkan kualitas jurnal selalu kita kedepankan dengan harapan menambah kebermanfaatan jurnal bagi masyarakat. Saat ini kita sedang mempersiapkan tampilan layout jurnal yang baru agar pembaca lebih nyaman saat membaca artikel”, tegas Eko Suyanto, managing editor jurnal Biotropika.

Dalam rangka memperkuat peran dan manfaat jurnal bagi masyarakat maka sejak pertengahan tahun ini jurnal Biotropika bekerjasama dengan organisasi profesi yaitu Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI), Konsorsium Bioteknologi Indonesia (KBI) dan Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia (PERMI).

Selamat untuk Biotropika. Teruslah berkarya untuk negeri, -mencerahkan dan menginspirasi-. (eshaf)