Department of Biology

Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Pengabdian Masyarakat “Pendalaman Materi Immunobiodevelopment bagi Guru Se-Malang”

27-Jul-2020 admin Berita Utama

Pada hari Sabtu (25/7), Jurusan Biologi mengadakan acara pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Drs. Sofy Permana, M.Sc., D.Sc, dan beranggotakan Prof. Muhaimin Rifai, Ph.D., Med.Sc, Prof. Widodo, Ph.D., Med.Sc, Prof. Dr. Ir. Moch. Sasmito Djati, dan dibantu oleh segenap mahasiswa S2 dan S3 Jurusan Biologi Universitas Brawijaya. Pengmas tersebut berjudul “Pendalaman Materi Immunobiodevelopment bagi Guru Se-Malang” dan dihadiri oleh para guru dari SMAN 3 Malang, SMA Ar-rahmah dan SMA Sabilillah Malang. Acara yang dilaksanakan di tengah pandemi ini berjalan sesuai dengan protokol kesehatan meliputi; penyediaan handsanitizer, menggunakan masker, dan bembatasan sosial. Adapun serangkaian acara Pengmas tsb antara lain penyampaian materi oleh Prof. Muhaimin Rifa’i, Ph.D., Med.Sc, praktikum pengamatan mikroorganisme air, dan praktikum pengamatan sel limfosit menggunakan flowcytometer.

Pengamatan mikroorganisme air dilakukan menggunakan sampel air selokan dan sampel tanah. Pada praktikum ini, peserta mendapat demo dari panitia dan hands on atau praktik secara langsung. Organisme air diamati melalui mikroskop sehingga dapat diamati secara langsung pergerakan berbagai jenis protozoa maupun mikroalga. Selain itu, peserta juga diajak untuk melakukan sampling dan pengamatan langsung bakteri yang berasal dari sampel tanah. Menggunakan pewarna methylen blue, bakteri diamati di bawah mikroskop pada perbesaran 1000x untuk mengetahui berbagai bentuk bakteri seperti halnya bentuk coccus dan batang.

Selain materi tentang mikroorganisme, peserta juga mendapat kesempatan handling sel limfosit yang diisolasi dari mencit (Mus musculus) untuk diamati menggunakan flowcytometer. Pada sesi ini, peserta diajak untuk isolasi organ limfoid sekunder berupa limfa (spleen) untuk dijadikan sebagai sampel pengamatan. Pengamatan dilakukan dengan membandingkan profil sel limfosit pada individu mencit muda dan tua. Setelah organ limfa diisolasi, peserta melakukan pewarnaan antibodi untuk populasi sel limfosit T dan dilanjutkan dengan pengukuran menggunakan Flow Cytometry. Melalui materi ini, diharapkan para guru yang menjadi peserta mempunyai gambaran langsung bagaimana populasi sel-sel imun dapat dipengaruhi oleh usia individu. Selain itu, para guru juga dapat menjelaskan jenis-jenis sel limfosit berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.

Pengabdian masyarakat ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh beberapa dosen dalam bidang minat Fisiologi dan Biologi Sel. Melalui kegiatan ini diharapkan para guru tidak hanya menguasai materi secara teoritis, namun dapat menjelaskan secara langsung sekaligus mampu mempraktikkan hasil kegiatan sebagai salah satu topik praktikum di sekolah masing-masing. Dengan penggunaan metode yang sederhana, diharapkan dapat menarik minat siswa sekaligus memudahkan siswa dalam mempelajari obyek-obyek kajian dalam ruang lingkup Biologi, terutama yang berkaitan dengan mikroorganisme dan fisiologi.