DEPARTMENT OF BIOLOGY

FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES

Profil

Sekilas Doktor (S3)

Program Doktor Biologi (PDB) adalah salah satu program Doktor unggulan di Universitas Brawijaya yang dibuka berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 162/D/O/2010 tentang Penyelenggaraan Program S-3 Biologi di Universitas Brawijaya dan mulai dibuka pada tahun ajaran 2010/2011. PDB mempunyai dua  bidang  minat yaitu Biokonservasi (Biological Conservation) dan Rekayasa Biologi (Bioengineering) dengan beragam penelitian unggulan nasional dan internasional.

VISI, MISI dan TUJUAN

Mengacu pada permasalahan biologi di lingkungan dan visi JB-UB, maka PS S-3 Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UB menetapkan visi:

“Menjadi pusat pendidikan doktor unggulan dan pusat pengembangan ilmu yang berorientasi pada konservasi hayati melalui upaya berupa eksplorasi, modeling dan perencanaan maupun Rekayasa Hayati.”

Sesuai dengan visi tersebut di atas, PS S-3 Biologi memiliki misi untuk melayani masyarakat Jawa Timur, warga negara Indonesia dan umat manusia melalui program-program terbaik untuk:

  • Menyelenggarakan program doktor yang berorientasi konservasi hayati
  • Menyelenggarakan pendidikan program doktor berkualitas yang transparan, akuntabel, efisien dan efektif dalam mengembangkan ilmu dan teknologi hayati
  • Mengembangkan inovasi penelitian untuk menghasilkan ide baru yang dipublikasikan secara ilmiah dan/paten yang bermanfaat untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam bidang hayati  sesuai dengan orientasi dalam visi.

Berdasarkan visi dan misi tersebut, PS S-3 Biologi memiliki tujuan antara lain:

  • Menghasilkan doktor yang memiliki sudut pandang (kearifan) biologi dalam setiap aspek pemikirannya, mampu merancang dan menerapkan konsep biologi yang berorientasi pada konservasi untuk menjawab  permasalahan masyarakat.
  • Menghasilkan doktor yang dapat mengembangkan peranan besar di bidang keahliannya, mampu menggali dan menemukan pengetahuan baru serta berpartisipasi aktif dalam mengembangkan ide-ide dan konsep-konsep biologi untuk memecahkan masalah di masyarakat.
  • Menghasilkan doktor yang inovatif dan mampu mengorganisasi penelitian di bidang keahliannya dengan memberdayakan sumberdaya manusia dan fasilitas yang terkait dengan kegiatan penelitiannya.
  • Menghasilkan doktor dengan profil akademik yang baik, menjunjung tinggi etika dan mampu bekerja sama dengan lingkungannya.