DEPARTMENT OF BIOLOGY

FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES

Program S1

Program Studi Sarjana Biologi

Program Studi Biologi FMIPA UB yang berada di Kota Malang Propinsi Jawa Timur, mulai menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran terhadap mahasiswa Strata1 (S1) sejak bulan Agustus 1987. Pembentukan PS Biologi ditetapkan dengan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.22/DIKTI/Kep/1989.

VISI

Visi Program Studi Sarjana Biologi yaitu pada tahun 2039 menjadi program studi teladan dalam menyelenggarakan pendidikan S-1 Biologi sesuai dengan standar internasional terbaik melalui penelitian dan berpartisipasi dalam pengembangan konsep Biologi Modern untuk pelestarian biodiversitas dan kesejahteraan manusia, yang mendukung pembangunan global secara berkelanjutan

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan sarjana Biologi, yang memahami konsep Biologi Modern dan Biokonservasi, memiliki integritas akademik yang baik, belajar sepanjang hayat dan mampu bekerja sama secara profesional.
  • Mendidik mahasiswa untuk memiliki kepekaan terhadap pemecahan masalah terkait Biologi dengan tetap memperhatikan keselamatan dan bioetika, ketrampilan praktis, mampu melakukan supervisi dalam penelitian dan pengembangan biologi.
  • Mendidik mahasiswa agar mampu bekerja dalam tim dan belajar dengan kemandirian untuk menerapkan metode dan diseminasi hasil penelitian, mendukung menyelesaikan masalah di masyarakat dan memanfaatkan peluang usaha terkait bidang Biologi.

PROFIL LULUSAN Program Sarjana Biologi bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional di bidang pendidikan (dosen/guru/peneliti/studi lanjut), industri, pelopor masyarakat, bio-wirausahawan. Mereka diharapkan memiliki kompetensi berikut oleh masing-masing profil lulusan sebagai berikut:

  • Peneliti, mampu berperan aktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang Biologi, memiliki kepekaan mengenali berbagai permasalahan yang berkaitan dengan perkembangan teknologi dan lingkungan, serta mampu memberikan konsultasi untuk perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pemanfaatan sumber daya alam, konservasi, dan lain-lain.
  • Pelopor masyarakat, mampu memiliki kepedulian terhadap keanekaragaman hayati berdasarkan prinsip-prinsip penelitian ilmiah.
  • Pendidik/guru, mampu melaksanakan tugas mengembangkan ilmu pengetahuan dan sumber daya manusia melalui pendidikan. Untuk menjadi guru terutama di sekolah negeri masih diperlukan pendidikan tambahan berupa sertifikasi pendidik yang dapat ditempuh di institusi lain.
  • Tenaga Industri atau Pemerintah, mampu mengontrol kualitas produk, pengolahan limbah, kelestarian sumber daya alam, dan pengelolaannya.
  • Bio-entrepreneur, mampu menciptakan lapangan kerja yang berhubungan dengan bidang biologi.
  • Mahasiswa pascasarjana, mampu melanjutkan studi ke jenjang lebih lanjut untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.

Profil lulusan ini merupakan hasil dari tracer study alumni BPB serta prospek pasar kerja. Tracer study dilakukan baik oleh universitas (https://tracer.ub.ac.id/) atau Departemen Biologi setiap lima tahun, namun data diperbarui setiap tahun. Tracer study terbaru untuk lulusan 2014-2019 menunjukkan bahwa dari 194 alumni yang dilacak, 96% bekerja. Jenis pekerjaan alumni yang bekerja sebagai peneliti (3%), industri atau pegawai pemerintah (46%), pendidik/guru (9%), bio-wirausaha (10%), dan mahasiswa pascasarjana (28%).

TUJUAN Untuk mencapai profil lulusan tersebut, Program Sarjana Biologi telah merancang tujuan program studi yang juga disebut Program Learning Outcome. Tujuan Program Sarjana Biologi adalah menghasilkan lulusan yang:

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memahami konsep Biologi Modern dan Biokonservasi, memiliki integritas akademik yang baik, menjadi pembelajar sepanjang hayat, mampu bekerja sama secara profesional dan bersaing di tingkat internasional.
  • Memiliki kepekaan terhadap suatu masalah dan mampu menyelesaikannya dengan menggunakan metode-metode yang berkaitan dengan konsep Biologi Modern dan Biokonservasi untuk mendorong pembangunan berkelanjutan.
  • Memiliki jiwa kewirausahaan, mampu berkomunikasi, menghargai keragaman budaya dan memberdayakan masyarakat melalui penerapan inovasi Biologi Modern dan Biokonservasi.

Tujuan program studi ini sejalan dengan visi dan misi Departemen Biologi yang muncul dari kebutuhan masyarakat dan kesadaran untuk mengembangkan konsep biologi modern untuk konservasi keanekaragaman hayati dan kesejahteraan.

SASARAN

Berdasarkan visi, misi dan tujuan tersebut, Program Sarjana Biologi memiliki sasaran kenerja:

  • Terwujudnya penyelenggaraan pendidikan sarjana biologi melalui pembelajaran yang menyenangkan (enjoyful learning) dan bermutu tinggi tingkat internasional.
  • Efisien dalam mendidik mahasiswa dan menghasilkan lulusan unggul, yang memiliki pemahaman di bidang Biologi Modern dan Biokonservasi, mampu berperan nyata dan bekerja sama untuk  menyelesaikan masalah di sekitarnya serta pembangunan bangsa secara berkelanjutan.
  • Produktif dalam mendapatkan apresiasi tingkat nasional maupun internasional terhadap karya mahasiswa dan lulusan dalam penerapan inovasi Biologi Modern dan Biokonservasi, wirausaha dan pemberdayaan masyarakat.