DEPARTMENT OF BIOLOGY

FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES

Vision, Mission and Goal

Visi dan misi yang dikembangkan Departemen Biologi Fakultas MIPA Universitas Brawijaya bermula dari suatu keprihatinan, kesadaran dan harapan akan mega-biodiversitas sumber daya alam tropika Indonesia. Potensi biodiversitas kita sangat besar dan belum sepenuhnya dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat manusia. Selain itu, perubahan biosfer dan intervensi manusia telah menyebabkan laju kepunahan spesies semakin tinggi. Oleh karena itu, tantangan besar bagi Biolog di masa depan adalah melestarikan biodiversitas dan lingkungannya untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Kecenderungan global tersebut mendasari penentuan VISI Departemen Biologi yaitu Departemen Biologi pada tahun 2039 menjadi departemen teladan dalam menyelenggarakan pendidikan biologi sesuai dengan standar internasional terbaik, tempat melakukan penelitian untuk mengembangkan konsep biologi modern dan memiliki kesadaran tinggi untuk melestarikan biodiversitas, serta berperan aktif dalam pengembangan profesi (KKNI level 7) terkait biologi untuk pembangunan global secara berkelanjutan.

Sesuai dengan visi tersebut di atas, Departemen Biologi memiliki MISI untuk melayani masyarakat Jawa Timur, warga negara Indonesia dan umat manusia melalui program-program terbaik yaitu :

  • Mendidik mahasiswa menjadi sarjana, profesi, magister dan doktor yang memiliki pemahaman menyeluruh mengenai konsep biologi modern (konsep paling mutakhir yang berlaku pada saat ini) dan biokonservasi, memiliki profil/prestasi akademik yang baik, menjunjung tinggi etika dengan menghargai hak hidup semua bentuk kehidupan dan mampu bekerja sama di lingkungannya.
  • Menjadi institusi pelopor pendidikan sepanjang hayat dan penelitian biologi, yang mampu menemukan pengetahuan baru untuk memecahkan permasalahan biologi di masyarakat, membantu meningkatkan kesejahteraan, kelestarian lingkungan, dan mengembangkan profesi (KKNI level 7) terkait biologi.
  • Menguatkan organisasi departemen yang sehat, tata kelola yang efektif dan berdaya saing menuju good university governance

Berdasarkan visi dan misi tersebut, Departemen Biologi memiliki tujuan yaitu:

  • Menghasilkan sarjana, magister dan doktor yang berkompeten, memiliki integritas akademik, wawasan kebangsaan, jiwa kewirausahaan dan ketrampilan yang lain untuk berdaya saing dipasar kerja baik dalam negeri maupun luar negeri.
  • Mengembangkan inovasi baru untuk memecahkan permasalahan biologi di masyarakat, dan mengembangkan karir lulusan professional melalui sertifikasi.
  • Menjadi rujukan internasional sebagai departemen dalam pengembangan konsep biologi modern dan biokonservasi.
  • Menyempurnakan organisasi, sistem manajemen, efisiensi dan produktivitas sesuai prinsip good university governance dengan menjalankan SPMI secara berkelanjutan.
  • Menciptakan suasana akademis yang kondusif dan harmonis untuk mendorong inovasi, produktivitas, dan pengembangan sumber daya manusia profesional