DEPARTMENT OF BIOLOGY

FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES

Kuliah Pakar Kewirausahaan: Mengungkap Potensi Alumni Biologi dalam Industri Pariwisata Bersama Bapak Fitra Agung Nugroho

Departemen Biologi FMIPA-UB kembali mengadakan kuliah pakar kewirausahaan. Pada hari Jumat, 26 Mei 2023, Bapak Fitra Agung Nugroho, founder CV. Punokawan Project, memberikan kuliah pakar yang sangat menarik di Gedung Mipa Center 1.1. Kegiatan ini dihadiri Mahasiswa Biologi (S1) UB pemrogram mata ku;iah Kewirausahaan yang dipandu oleh Dr. Dra. Aminatun Munawarti, M.Si., selaku dosen koordinator mata kuliah Kewirausahaan. Selama kegiatan berlangung, Bapak Fitra Agung menjelaskan tentang potensi luar biasa yang dimiliki oleh alumni Biologi dalam industri pariwisata. Beliau juga membagikan pengalaman-pengalaman menarik saat berkarir di bidang pariwisata serta wawasan berharga tentang bagaimana alumni Biologi dapat berkontribusi dalam memajukan industri pariwisata di Indonesia.
Dalam kuliah pakar tersebut, Bapak Fitra Agung membuka diskusi dengan fokus pada potensi pariwisata di Indonesia yang sangat luar biasa. Beliau mengungkapkan bahwa lulusan Biologi memiliki peran penting dalam industri pariwisata karena pemahaman yang mendalam tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan interaksi antara organisme hidup dengan lingkungannya. Keahlian ini memberikan landasan yang kuat bagi para alumni Biologi untuk berinovasi dalam pengembangan produk dan layanan yang berkaitan dengan pariwisata, misalnya wisata edukasi. Akan tetapi, sangat sedikit lulusan biologi yang berkarir di bidang pariwisata. Sampai saat ini, hanya beliau satu satunya lulusan biologi UB yang memiliki karir di bidang pariwisata. Tentunya hal ini menjadi tantangan bagi lulusan Biologi UB, khusunya.

Gambar 1. Sesi pemaparan materi hingga sesi berbagi cerita pengalam seputar bidang pariwisata

Setelah serangkaian pemaparan materi tersebut, beliau melanjutkan dengan berbagi pengalaman saat berkarir dibidang pariwisata. Beliau mulai berfokus pada bidang pariwisata ketika diterima di Taman Safari. Kemudian, karir beliau semakin naik sehingga dilirik oleh perusahaan besar seperti Jatim Park Group. Pada saat di Jatim Park Group, beliau dipercaya untuk mengerjakan sebuah project besar tentang pariwisata ramah lingkungan serta taman edukasi. Hingga kini, hasil karya berliau tersebut dikenal dengan mana Eco Green Park. Kemudian, beliau ingin berfokus untuk menghabiskan waktu bersama keluarga hingga pada akhirnya menciptakan bada usaha yang bergerak dibidang pariwisata, yaitu CV. Punokawan Project.
Penyampaian materi dan cerita pengalam oleh Bapak Fitra Agung Nugroho berjalan dengan baik hingga mendapatkan berbagai respon dari mahasiswa yang hadir pada perkuliahan tersebut. Beberapa mahasiswa memberikan pertanyaan tentang bagaimana langkah awal untuk memulai berkarir dibidang pariwisata, bagaimana sumber modal untuk berkarir dibidang tersebut, hingga bagaimana supaya wisata lokal seperti Eco Green Park terkenal sampai ke manca negara. Tanggapan beliau atas pertanyaan-pertanyaan tersebut membuat mahasiswa terinspirasi untuk berkarir dibidang pariwisata. Kemudian, perkuliahan ini ditutup dengan sesi penyerahan sertifikat oleh Dr. Dra. Aminatun Munawarti dan foto bersama.

Gambar 2. Dokumentasi kegiatan kuliah pakar kewirausahaan

Kuliah pakar ini menjadi momen penting yang menyoroti pentingnya peran serta potensi besar alumni Biologi dalam industri pariwisata. Diharapkan bahwa dengan adanya pemahaman yang lebih baik tentang potensi ini, alumni Biologi akan semakin termotivasi untuk mengambil bonus new member peran aktif dalam mengembangkan industri pariwisata yang berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar.