DEPARTMENT OF BIOLOGY

FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES

Kolaborasi Departemen Biologi FMIPA UB dan Tim International Summer Course Lindungi Ekosistem Daratan

Pada tanggal 6 Mei 2024 yang lalu, Departemen Biologi FMIPA UB telah melaksanakan Pengabdian Masyarakat Internasional kepada kelompok Masyarakat Ekoliterasi Merdeka (MEM) Secang di Desa Secang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan yang berkolaborasi dengan tim International Summer Course Departemen Biologi FMIPA UB ini diikuti oleh 11 peserta International Summer Course 2024 dan 14 petani kopi setempat.

Acara tersebut dibuka oleh Ketua Tim Pengabdian Masyarakat yaitu Mufidah Afiyanti, S.P, Ph.D.. Beliau menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mendukung perlindungan keanekaragaman hayati daratan, termasuk spesies tumbuhan dan hewan, pemulihan habitat yang rusak, dan pengendalian spesies invasif yang merupakan beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga keberlanjutan ekosistem daratan (SDGs 15).

Pada kegiatan ini disampaikan pemaparan hasil penelitian oleh peserta International Summer Course 2024, serta para peserta melakukan small project biodiversitas hayati di kebun kopi organik dan semi-organik, khususnya di perkebunan kopi milik kelompok MEM.

Penelitian yang dilakukan di antaranya adalah jenis-jenis tumbuhan liar yang bersifat invasif dan berpotensi menjadi gulma bagi tanaman kopi, jenis serangga yang berperan sebagai hama, serta serangga lain yang berpotensi sebagai musuh alami, dan dampak aktivitas manusia terhadap kualitas air di Sumber Manis dan alirannya.

Source : Prasetya UB