DEPARTMENT OF BIOLOGY

FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES

Departemen Biologi UB Mendorong Semangat Kewirausahaan dengan Lokakarya yang Komprehensif

 

Universitas Brawijaya, 28 Juni 2024 – Departemen Biologi Universitas Brawijaya mengambil langkah signifikan untuk mendorong minat kewirausahaan di kalangan dosen dan mahasiswanya dengan mengadakan Lokakarya Penyusunan Business Plan dan Integrasi Entrepreneurship dalam Kurikulum yang diadakan pada tanggal 22 Juni 2024 di Gedung MIPA Center. Lokakarya tersebut menarik minat peserta yang antusias mengembangkan keterampilan kewirausahaan. Dr. Tipri Rose Kartika, M.M., pembicara utama lokakarya, menekankan pentingnya bekal keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan untuk memulai, mengelola, dan mengembangkan usaha bisnis yang sukses.

“Dalam mengembangkan kewirausahaan, ada empat elemen penting, yaitu edukasi dan pelatihan, mentoring dan networking, akses ke sumber daya dan pendampingan pengembangan bisnis,” ujar Dr. Tipri. Beliau juga menjelaskan sembilan langkah yang diperlukan untuk menciptakan model bisnis yang kuat, yaitu mengidentifikasi pelanggan, proposisi nilai, saluran distribusi, hubungan pelanggan, aliran pendapatan, mitra kunci, aktivitas kunci, sumber daya kunci, dan struktur biaya.

Lokakarya juga menghadirkan mitra yang berbagi praktik baik (best practice) pengelolaan usaha. Pak Randy dari PT. Qurota Persada Indonesia menyoroti pentingnya mengkategorikan bisnis menjadi “cash cows” untuk pendapatan yang stabil dan bisnis inovatif untuk pertumbuhan perusahaan. Pak Didik dari InBio menekankan pentingnya jaringan, kepemimpinan, dan manajemen terdesentralisasi dalam kesuksesan bisnis. Pak Aziz dari PT. Kembang Joyo Sriwijaya, pengusaha bisnis bidang madu, memberikan tips berharga tentang meyakinkan konsumen melalui keaslian dan keamanan produk serta sertifikasi halal. Pak Hadi dari DD. Orchid Nursery menekankan pentingnya strategi pemasaran dan pengendalian harga. DD. Orchid Nursery juga menawarkan pelatihan komprehensif mulai dari budidaya sampai pemasaran anggrek.

Inisiatif pengintegrasian kewirausahaan dalam kurikulum yang dilakukan oleh Departemen Biologi UB ini bertujuan untuk menggabungkan keahlian ilmiah dengan keterampilan kewirausahaan, mempersiapkan mahasiswa untuk merencanakan usaha dan berhasil dalam lanskap bisnis yang kompetitif.

Lokakarya ini dihadiri oleh 11 orang mahasiswa PSSB kandidat pengusul Biopreneur Competition 2024 dan 2 orang personal dari Divisi Kewirausahaan Himpuna Mahasiswa Biologi (HIMABIO) Departemen Biologi (DS).