DEPARTMENT OF BIOLOGY

FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES

Kuliah Praktisi Mengajar PK-KM PS S1 pada MK Kewirausahaan

Departemen Biologi Fakultas MIPA Universitas Brawijaya telah berhasil mengadakan kegiatan praktisi mengajar 2024 pada mata kuliah (MK) Kewirausahaan. Kegiatan kuliah praktisi mengajar ini diadakan untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi kewirausahaan mahasiswa melalui proses transfer ilmu kewirausahaan dari praktisi bisnis ke mahasiswa guna mendukung peningkatan lulusan mahasiswa berwirausaha. Kegiatan ini sekaligus membuka rangkaian pelaksanaan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) Program Studi Sarjana Biologi Biologi (PSSB) pada tahun 2024 yang didanai dari DIKTI dengan tema “Revitalisasi program studi sarjana biologi menghasilkan lulusan world class biopreneur. Melalui kegiatan PK-KM ini, departemen biologi berharap terjadi loncatan kualitas program studi yaitu ditandai dengan peningkatan rekognisi eksternal dan global graduate employability.

Kegiatan praktisi mengajar 2024 ini mengambil topik “Strategi Komunikasi Bisnis, networking, dan pengembangan startup bisnis” yang diadakan pada hari Jumat, 17 Mei 2024 bertempat di Gedung MIPA Center (MC) 1.1 Fakultas MIPA UB dan dihadiri oleh pemateri praktisi mengajar, mahasiswa program sarjana biologi serta dosen departemen biologi FMIPA UB. Adapun pemateri pada kuliah praktisi mengajar ini adalah Bapak Muji Winarno, S.P., M.Sc. selaku Head of Product Development, PT Central Proteina Prima Tbk sekaligus owner startup HDS Agro yang bergerak di bidang budidaya melon hidroponik.

Acara diawali dengan pengantar oleh Bapak Eko Suyanto, S.Si., M.Sc., Ph.D selaku PIC kegiatan yang menyampaikan ke mahasiswa untuk memanfaatkan momen ini guna menyerap ilmu kewirausahaan sebanyak mungkin dari praktisi. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus membuka rangkaian kegiatan PK-KM yang disampaikan oleh Ketua Departemen Biologi FMIPA UB Bapak Yoga Dwi Jatmiko, S.Si., M.App.Sc., Ph.D.  yang menjelaskan secara ringkas manfaat keikutsertaan program studi dalam PK-KM.

Alhamdulillah, di tahun 2024 departemen Biologi mendapatkan kepercayaan dari Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi untuk melaksanaan program kompetisi kampus Merdeka (PKKM). Kita berharap pelaksanaan program ini mampu meningkatan rekognisi eksternal dan graduate employability dengan menitikberatkan pada 3 aktivitas yaitu peningkatan produktivitas dan efisiensi kurikulum, peningkatan kapasitas lulusan menghadapi dunia kerja, dan peningkatan wawasan dan kompetensi biopreneur dosen dan mahasiswa. Oleh karena itu, partisipasi aktif dari mahasiswa akan membantu dalam mencapai tujuan dan manfaatnya akan kembali ke mahasiswa”, kata sambutan Ketua Departemen Biologi.

Pada kesempatan ini, pemateri menyampaikan dua materi. Materi pertama dengan judul “Pengembangan networking dan komunikasi kewirausahaan” menekankan pentingnya pengembangan networking sebagai sarana untuk mendapatkan akses ke sumber daya untuk mencapai hasil yang diinginkan sekaligus melahirkan kepercayaan diantara berbagai pihak terkait. Banyak sekali manfaat yang akan diperoleh dalam networking dan hal ini dapat diawali melalui cara yaitu membangun relasi sebanyak mungkin sehingga dihasilkan kolaborasi bisnis dengan personal branding, menunjukkan skills yang dimiliki, dan menciptakan pertemuan yang berkesan. Beliau juga menyampaikan bahwa pengembangan networking bisnis juga membutuhkan skills komunikasi yang bertujuan untuk memberikan informasi bisnis kepada pihak lain, meyakinkan pihak lain, serta membantu kerjasama antar pelaku bisnis dimana kepercayaan menjadi pondasi dalam sebuah hubungan.

Pada materi kedua dengan judul “Pengembangan startup”, pemateri menyampaikan pengalaman bisnis selama mengembangkan startup HDS Agro dengan melakukan budidaya melon hidroponik dan pemasarannya. Diawal penyampaiannya, Bapak Muji menjelaskan berbagai macam isu kewirausahaan di Indonesia lalu dilanjutkan dengan pemaparan alasan mengapa perlu melakukan investasi bisnis di bidang budidaya melon hidroponik dan bagaimana strategi mengembangkan startup yang telah dirintis diantaranya yaitu melakukan validasi ide dan inovasi berkelanjutan, membuat road map rencana bisnis, memperhatikan aliran sumber dana (cash flow) agar lancar, menjaga dinamika tim, menyusun strategi marketing yang tepat, serta membangun basis pelanggan. Rangkaian acara kuliah dari praktisi mengajar ini dihadiri oleh 120 orang mahasiswa berlangsung lancar dan meriah dengan banyaknya pertanyaan dari mahasiswa peserta kuliah. Berdasarkan hasil evaluasi angket umpan balik menunjukkan bahwa mahasiswa merasa puas karena materi yang disampaikan oleh praktisi sangat menarik, mengaitkan konsep keilmuwan dan aplikasi praktis, dan berdasarkan kasus nyata di lapangan sehingga menambah wawasan, inspirasi ide bisnis, dan pengalaman bagi mahasiswa sebagai bekal mengembangkan bisnis mereka nantinya. Acara diakhiri dengan sesi penyerahan sertifikat serta foto bersama pemateri dan seluruh peserta kuliah praktisi mengajar. (ES)